Gadget Menjadi Hal yang Sulit Dipisahkan dari Manusia

ilustrasi-smartphone
Ilustrasi Smartphone

Ada pepatah mengatakan: "Dimana ada Gula maka disitu ada Semut" mungkin kurang lebih artinya antara semut dan gula adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Semut selalu menyukai hal yang berbau manis (walaupun terkadang juga menghampiri bangkai cicak, kecoa ataupun ulat 😆). Sedangkan Gula selalu mengundang kedatangan semut walaupun bau manis itu tak terasa oleh hidung manusia (kecuali mencicipinya) namun indra pembau semut dapat mendeteksi keberadaan rasa manis itu.

Saat ini pepatah tersebut bisa disamakan antara Manusia dengan Gadget (Ponsel, Tablet, Laptop dll). Semut diibaratkan sebagai Manusia dan Gula sebagai Gadget. Coba perhatikan beberapa pandangan dibawah ini:

  • Hampir semua orang saat ini memiliki minimal 1 buah telepon pintar (smartphone).
  • Setiap ada gadget baru banyak orang  yang ingin memilikinya (walau tak punya biaya).
  • Setiap 6 bulan sekali pada suatu Brand ponsel, membuat peningkatan pada produk yang dijualnya (bayangkan jika ada lebih dari 30 brand).
  • Bahkan ponsel dengan harga setara dengan kendaraanpun laris manis dijual (red: iPhone).
  • Setiap smartphone pasti memiliki sedikitnya 1 buah kamera dibelakang (bahkan sekarang hampir semua smartphone memiliki 2 kamera yaitu depan dan belakang).
  • Setiap orang yang memiliki smartphone belum tentu memiliki sebuah komputer, namun bisa dipastikan orang yang memiliki komputer sudah pasti memiliki smartphone.
  • Ada yang mau menambahkan???
Jika kita berhatikan pada poin-poin diatas, dapat disimpulkan bahwa sekarang Manusia tak bisa dipisahkan dengan gadget. Sebenarnya ini bukan masalah yang serius jika konteksnya adalah hanya sekedar memiliki dan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang dimiliki pada sebuah smartphone. Akan tetapi tahukah kalian bahwa benda tersebut (red: gadget) sangatlah berbahaya jika tidak digunakan secara bijak.


Comments

Post a Comment

Halo, Terima Kasih telah membaca blog saya. Sebelum menulis komentar mohon diperhatikan peraturan berikut ini:
1. Dilarang menuliskan komentar yang bersifat SARA
2. Dilarang menuliskan komentar dengan tujuan promosi suatu produk/jasa
3. Dilarang menuliskan komentar yang NEGATIF

Terima Kasih :-)